Dinsos Kebumen Bersama Keluarga Disabilitas Gelar Pelatihan Batik Ecoprint

Foto : Pelatihan Batik Ecoprint Bersama Keluarga Disabilitas di Kebumen





KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2023, Dinas Sosial Kebumen khususnya bidang Rehab menggelar kegiatan membatik Ecoprint bersama keluarga disabilitas di Rumah Singgah Dosaroso, Jumat (24/11/2023). 

"Kita ingin teman-teman disabilitas yang hari ini tergabung dalam Winners, Pertunjukan, dan Potads, semua bisa mengetahui dulu tentang ecoprint. Dengan ada pelatihan ini bisa mengembangkan di rumah," kata Dra. Seha Rahayu, MM 

"Harapannya setelah hari ini, bisa latihan lagi, latihan lagi, dan akhirnya bisa menjadi karya," lanjutnya. 

Menurut Rahayu, ini merupakan kesempatan yang baik untuk bisa berwirausaha, namun tetap di rumah. "Kebetulan sebenarnya selain kalau dia nanti sudah memang menjadi usaha. Wahana untuk ini kan banyak bisa untuk melalui Perindag, tetapi kebetulan nanti pas HDI sahabat disabilitas akan melaunching galeri," ungkapnya. 

Rahayu menyampaikan, nanti mereka bisa mengikuti kegiatan lain seperti Naker, pelatihan UMKM agar memiliki karya. "Kemudian ada pelatihan-pelatihan seperti pet marketingnya, pelatihan packaging setelah punya karya," ucapnya. 


"Kita memang memilih Ecoprint karena tidak terlalu sulit dan mudah. Hari ini terlihat semuanya bagus, kita masuk ke batik yang canting seperti itu dan memang harus menggunakan keterampilan khusus," tandasnya. 

Ia menambahkan, setelah HDI nanti ada juga disabilitas lain. "Termasuk teman-teman ODDP, itu juga masuk disabilitas, dan kami akan melaksanakan sosialisasi kesehatan jiwa," katanya. 

"Jadi bagi keluarga yang saat ini masih Rulusi ataupun yang pernah dirusi ataupun perwakilan dari pemerintahan desanya akan  kita undang. Dan setiap tahun kami melaksanakan sosialisasi, tahun ini akan diisi oleh narsum PPRDM dari Solo," pungkasnya. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post