Sosialisasi Empat Pilar di Kebumen, Bamsoet Ingatkan Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

Foto : Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo gelar Sosialisasi Empat Pilar di Kebumen



KEBUMEN (BANYUMAS POS) - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Legislator DPR RI Dapil 7 Jawa Tengah meliputi Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen, Bambang Soesatyo mengingatkan jelang Pemilu 2024 seluruh elemen bangsa tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. 

"Jangan sampai karena tenggelam dalam hiruk pikuk Pemilu, melupakan nilai-nilai toleransi dan kedamaian seperti yang diajarkan dalam agama," ujar Bambang saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di lima Kecamatan di Kabupaten Kebumen, Minggu (17/12/2023) 

"Jelang Pemilu sangat penting bagi seluruh elemen bangsa untuk terus merawat serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama. Jangan sampai hanya karena Pemilu, kita melupakan ajaran agama. Apalagi sampai menggunakan isu-isu agama untuk memecah belah antar anak bangsa," lanjutnya. 

Di sisi lain, hasil jajak pendapat tersebut juga mengisyaratkan bahwa khusus mengenai isu toleransi beragama, sekitar 47,6 persen responden mengungkapkan masih perlunya penguatan sikap tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan beragama.

"Bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan terbesar dalam mengembangkan demokrasi. Adanya berbagai upaya membenturkan agama dengan negara tidak dapat dibenarkan. Apalagi sampai menganggap sistem demokrasi yang sudah sepakat dianut oleh bangsa Indonesia, tidak sesuai dengan ajaran agama," kata Bamsoet.

Hakikat demokrasi sejalan dengan prinsip-prinsip ajaran agama. Antara lain mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan, pentingnya kontrol terhadap penguasa, serta memelihara kemaslahatan umat. Demokrasi adalah pilihan yang sepakat dijalankan, maka wajib dijaga dan dikembangkan.


"Antara agama dengan negara saling melengkapi satu sama lain. Melalui agama, nasionalisme warga negara tidak menjadi kering. Karena negara merupakan tempat agama tumbuh subur menyebarkan perdamaian dan kasih sayang,” pungkas Bamsoet. 

Diketahui, kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di lima Kecamatan itu sekaligus sosialisasi tentang tata cara pencoblosan kepada kader sebagai saksi.

“Sayang kalau tidak dipakai hak itu dan besar kemungkinan kalau tidak datang tidak ada yang menjamin suara kita tidak disalah gunakan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sebaiknya gunakan hak pilih kita," kata Bambang. 

Oleh sebab itu, pihaknya melakukan sosialisasi tentang tata cara pencoblosan kepada kader sebagai saksi agar mereka memahami. 

Sementara itu, Ketua DPC Partai Golkar Kebumen, Halimah Nurhayati menyatakan telah menginstruksikan agar jangan sampai ada kecurangan dalam pemilu nanti. 

Diharapkan para kader yang ditunjuk sebagai saksi harus selektif dan profesional.
‘’Jadi kami sudah menghimbau bahkan meminta pada teman-teman semua apalagi kader-kader potensial struktur partai dan calon saksi ini tetap satu komando dari atas ke bawah Partai Golkar, teliti dan awasi betul jangan sampai ada kecurangan,’’ tuturnya. 

Pewarta : Lia
Previous Post Next Post