Hikmah Ibadah Kurban Disampaikan saat Binrohtal Islam Polres Kebumen, Berikut Penjelasannya


Kebumen,(Banyumas Pos) - Pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) rutin bagi para personel Polres Kebumen beragama Islam kembali dilakukan. 


Binrohtal kali ini mengambil tema "Memaknai Ibadah Kurban” karena dalam waktu dekat umat muslim akan memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 dan dilaksanakan di Masjid Assaraa Polres Kebumen, Rabu 12 Juni 2024.


Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasubbag Binkar Bag SDM Polres Kebumen Iptu Agus Nuryanto, kegiatan Binrohtal juga untuk meningkatkan ukhuwah islamiah sesama umat muslim yang bertugas di Polres Kebumen. 


"Kegiatannya adalah bersama-sama mendengarkan tauziah tentang keislaman. Hal ini dilakukan untuk memupuk ukhuwah islamiah, juga untuk meningkatkan keimanan para personel," jelas Iptu Agus Nuryanto. 


Selanjutnya pada kegiatan itu, para personel berdoa bersama untuk keselamatan seluruh personel Polres Kebumen dalam setiap penugasan. 


Para personel Polres Kebumen juga berdoa agar Kabupaten Kebumen selalu aman dan kondusif.


Mengenai tema "Memaknai Ibadah Kurban”, para personel Polres Kebumen yang beragama Islam dan memiliki rejeki lebih agar beribadah kurban karena banyak sekali hikmahnya. 


Ibadah kurban bagi muslim hukumnya wajib untuk yang mampu dan tidak dalam keadaan bepergian. Pendapat tersebut dilandaskan pada salah satu hadis yang diriwaytkan Abu Hurairah.


Hikmah menyembelih hewan kurban sangat istimewa dan luar biasa baik dari segi syariat maupun segi kemanusiaan.


Hikmah tersebut yang pertama, ibadah kurban bisa menjadi salah satu sarana pendidikan untuk kita semua agar tidak lupa bersedekah di jalan Allah SWT. 


Hikmah yang kedua adalah kurban menjadi penegasan kepada seluruh umat islam di dunia, bahwa sesungguhnya perintah Allah SWT harus benar-benar dilaksanakan dan jangan disia-siakan. 


Ketiga, kurban ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang tidak mampu di sekitar kita.(*)

Previous Post Next Post