Ibu-Ibu PKK Diajarkan Pentingnya Mengenakan Helm SNI hingga Bunyi Klik

 



Kebumen,(Banyumas  Pos)- Sosialisasi Operasi Patuh Candi 2024 terus dilakukan Polres Kebumen agar masyarakat semakin sadar pentingnya tertib berlalu-lintas.


Seperti yang dilakukan oleh Satlantas Polres Kebumen, melakukan pembinaan pendidikan masyarakat (Bindikmas) atau semacam sosialisasi kepada Ibu-ibu PKK Desa Kewarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Senin 15 Juli 2024.


Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Plt Kasihumas Aiptu Nanang Faulatun, kegiatan ini merupakan rangkaian Operasi Patuh agar masyarakat secara luas mengetahui operasi yang sedang dilaksanakan Polri secara terpusat.


Adapun materi yang disampaikan mengenai pentingnya tertib terhadap Undang-Undang Lalu-lintas serta pentingnya mengenakan helm SNI dengan benar.


"Melalui kegiatan itu, masyarakat kembali diajarkan cara menggunakan helm SNI demi keselamatan. Karena banyak kasus kecelakaan yang mengakibatkan luka fatal, yang disebabkan kurangnya pemahaman," jelas Aiptu Nanang, Selasa 16 Juli 2024.


Menurut Aiptu Nanang, penggunaan helm bukan hanya sebagai alat pelengkap ketertiban berkendara sepeda motor. Namun diharapkan sebagai alat pengamanan bagi pengendara. 


Pada beberapa kasus kecelakaan yang ditangani Polres Kebumen, banyak korban meninggal karena helmnya terlepas. Masyarakat lupa memasang tali helm dengan benar sehingga tidak mampu melindungi secara maksimal. 


Melalui kegiatan itu, Ibu-ibu diajarkan langsung mengencangkan tali helm hingga menguncinya sampai bunyi klik.


Materi selanjutnya yang diajarkan adalah 3 Siap. Menurut Aiptu Nanang,  3 Siap yang dimaksud adalah siap diri, siap kendaraan, dan siap mentaati peraturan lalu-lintas. 


Kecelakaan lalu-lintas selalu diawali dengan pelanggaran. Sehingga dengan mematuhi peraturan dan membekali 3 Siap sebelum bepergian, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang menjadi point penting tujuan dari Operasi Patuh Candi yang sedang digelar. (***)

Previous Post Next Post