Operasi Patuh Candi, Satlantas Gelar Ramp Check Kendaraan Bus, Berikut Tujuannya

 



Kebumen,(Banyumas Pos)- Operasi Patuh Candi 2024 masih terus berlangsung. Ada banyak upaya pencegahan untuk menekan kecelakaan lalu-lintas karena termasuk salah satu tujuan operasi yang tengah digelar Polres Kebumen. 


Siang ini Satlantas Polres Kebumen dengan menggandeng Pemkab Kebumen menggelar kegiatan ramp chek kendaraan kepada Bus yang memasuki Terminal Bus Tipe A Kebumen, Rabu 17 Juli 2024.


Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Plt Kasihumas Aiptu Nanang Faulatun, ramp check kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan yang tengah beroperasi dalam kondisi fit sehingga laik jalan untuk membawa penumpang. 


Tak luput, para sopir bus juga menjalani pengecekan kesehatan laboratorium ringan oleh Urkes Polres Kebumen. 


"Pengecekan ini untuk meminimalisir terjadi kecelakaan karena troublenya kendaraan, ataupun kondisi sopir yang kurang sehat. Sehingga kami melakukan pengecekan sebagai upaya pencegahan," jelas Aiptu Nanang. 


Selanjutnya Kasat Lantas AKP Koyim Maturrohman, saat ramp check, bus yang masuk terminal diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis, sampai kelengkapan secara administrasi.


"Sasaran kegiatan ini adalah kendaraan pengangkut penumpang  yang memasuki wilayah Kebumen," ujar AKP Koyim. 


Menurut AKP Koyim, ramp check kendaraan penting dilakukan secara berkala untuk memastikan semua dalam kondisi baik.


Tak luput seperti sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, kondisi ban, dan sabuk keselamatan juga dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan. 


Lalu pada teknis penunjang kendaraan, meliputi pengukur kecepatan, spion, wiper kaca depan, klakson, kapasitas tempat duduk penumpang, serta perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat juga dicek pada kesempatan itu.


Ramp check juga akan dilakukan secara berkala di beberapa titik rest area atau juga beberapa terminal di Kebumen. (***)

Previous Post Next Post