Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H di Makorem 071 Wijayakusuma : Semangat Muharam untuk Perubahan Lebih Baik


Banyumas.  Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H, Makorem 071/Wijayakusuma menggelar acara dengan tema "Jadikan Semangat Muharam untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045". Selasa (9/7/2024).


Acara yang diadakan di Masjid Wijayakusuma, Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas tersebut dihadiri oleh Danrem 071/Wijayakusuma, Kasrem, Para Kabalak Ajudam, Para Kasi dan segenap Anggota Militer serta PNS dari berbagai satuan yang berada di wilayah Sokaraja untuk merayakan momen bersejarah ini.


Komandan Makorem 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Jamaluddin,S.I.P, menegaskan pentingnya semangat perubahan dalam menyambut tahun baru Islam ini. 


"Makna Tahun Baru Islam ini bukan sekadar perayaan pergantian tahun saja, namun lebih dari itu, Tahun Baru Islam merupakan momen untuk merenungkan diri atas perbuatan dan dosa-dosa yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya, maka di momen inilah waktu yang tepat untuk memohon maaf dan ampunan kepada Allah SWT serta berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun-tahun yang akan datang, dan jadikan semangat Muharam sebagai pemicu bagi kita semua untuk berkontribusi dalam upaya menciptakan perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan negara, guna menyongsong Indonesia Emas 2045”, ujar Kolonel Jamaluddin.



Sementara itu, Ustadz Djamzam Nurjanto selaku penceramah menyampaikan, arti kata “Hijrah” yang berarti pindah/meninggalankan. Namun kata “Hijrah” tak hanya diartikan sebagai perpindahan tempat, melainkan juga perpindahan dari  kebiasaan yang tidak baik menjadi kebiasaan yang lebih baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Acara peringatan tahun baru Islam ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pembacaan do’a bersama, ceramah keagamaan, serta pemaparan tentang makna tahun baru Islam dalam konteks kebangsaan.


Tahun baru Islam atau 1 Muharam merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia sebagai awal tahun hijriyah yang penuh makna dan simbolis. Di Indonesia, perayaan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta semangat kebangsaan dalam meraih cita-cita bersama.

(dl)


Previous Post Next Post