Danrem 071/Wijayakusuma Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci.


Purwokerto,— Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Infanteri Jamaluddin, S.I.P., mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto, Banyumas. Jum’at (16/8/2024)


Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin oleh Ka SPN Polda Jateng Kombes Pol Sarif Rahman, S.I.K., M.M. dimulai pukul 23.45 WIB tersebut berlangsung dalam suasana khidmat dan penuh penghormatan menyelimuti kegiatan tersebut, menunjukkan betapa pentingnya mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam setiap momentum peringatan kemerdekaan.


Selain Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P., tampak pula hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si, beserta Unsur Forkompimda Kabupaten Banyumas.


Dalam pelaksanaan Apel, Kepala SPN Purwokerto Polda Jawa Tengah, membacakan Ikrar kesetiaan, “Kami hadir guna menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara bangsa Indonesia ini. Kami bersumpah dan berjanji, bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Semoga arwah saudara diterima Tuhan YME dan dapat tempat sewajarnya,”





Usai pembacaan ikrar, dilanjutkan mengheningkan cipta kemudian dinyalakannya lilin-lilin kecil disetiap pusara makam pahlawan oleh anggota Pramuka pelajar SMA/SMK Purwokerto.


Semantara itu dalam kesemptan yang sama, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Jamaluddin menyampaikan bahwa acara ini merupakan kesempatan berharga untuk merenungkan kembali jasa-jasa para pahlawan serta mengingatkan seluruh masyarakat akan pentingnya semangat perjuangan dan patriotisme.


"Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini adalah bentuk penghargaan dan rasa syukur kita kepada para pahlawan. Melalui acara ini, mari kita tingkatkan semangat dan dedikasi kita untuk terus menjaga dan memajukan negara ini," ungkap Kolonel Jamaluddin.


Di akhir acara, Danrem bersama seluruh peserta memberikan penghormatan terakhir di makam pahlawan serta meletakkan karangan bunga sebagai simbol penghargaan dan rasa terima kasih atas pengorbanan mereka.


Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme dan semangat patriotisme di kalangan masyarakat serta memperdalam pemahaman tentang arti kemerdekaan dan perjuangan bangsa.

(dl)

Previous Post Next Post