Penutupan TMMD Reg-121 Tahun 2024 : Danrem 071/Wijayakusuma dampingi Pangdam IV/Diponegoro di Kabupaten Batang


Batang,– Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, turut mendampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., dalam upacara penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-121 di wilayah Kodim 0736/Batang, tepatnya di Desa Pacet, Kec. Reban, Kab. Batang. Kamis (22/8/2024)


Penutupan ditandai dengan diserahterimakannya hasil TMMD dari Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, S.E., M.I.Pol., M.Han kepada Pejabat (Pj) Bupati yang diwakili oleh Pj. Sekda Kab. Batang Ari Yudianto dan disaksikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, beserta segenap jajaran Forkopimda Batang. 


Tampak hadir dan mendampingi Pangdam IV/Diponegoro pada upacara penutupan TMMD Reg-121 antara lain Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, Aslog Kasdam IV/Dip Kolonel Czi Chandra Adibrata, Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Lukman Hakim  S.Si M Tr Han, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, SE., M.I.Pol., M. Han, Kapendam IV/Dip Letkol Inf Andy Soelistyo, Pj Bupati Batang yang diwakili Pj. Sekda Kab. Batang Ari Yudianto, Kasiterem 071/Wk Letkol Inf Darul Quthni, Unsur Forkopimda Kab. Batang, unsur OPD Pemkab. Batang, unsur Forkopimcam Lebak, tokoh masyarakat, dan warga desa setempat. 


TMMD Reg-121 di Desa Pacet yang digelar sejak 30 hari yang lalu telah berjalan dengan sukses dan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat setempat. Program ini melibatkan berbagai kegiatan pembangunan, baik Fisik maupun Non Fisik untuk meningkatkan kualitas hidup dan sumberdaya masyarakat desa setempat.


Dalam sambutannya, Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., mengatakan bahwa program TMMD yang telah diselenggarakan merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah- daerah terpencil.


”Kami menyadari bahwa TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri dalam melaksanakan program ini, dan senantiasa membutuhkan dukungan semua pihak, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada para Bupati/Wali Kota beserta jajaran Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI dan Polri setempat, serta segenap warga masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI, dengan penuh semangat dan bahu- membahu untuk menuntaskan program- program TMMD di masing-masing lokasi,” kata Pangdam.





Dalam kesempatan yang sama, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P., selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Prajurit TNI dan Polri serta warga desa yang telah terlibat dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan TMMD tersebut. 


“Penutupan TMMD Reg-121 ini menandai keberhasilan kolaborasi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pembangunan desa. Kami berharap hasil dari program ini dapat memberikan dampak positif dan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Desa Pacet,” ujar Danrem.


Sementara itu, dalam laporan singkat hasil program TMMD Reg ke-121 TA 2024 di Wilayah Kodim 0736/Batang, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, S.E., M.I.Pol., M.Han., menerangkan bahwa sasaran fisik dan sasaran non fisik sudah seluruhnya selesai dengan tepat waktu, diantaranya sasaran fisik berupa Pekerjaan Makadam P 2500 M x L 3 M : 100 %, Talud 2 titik : P 20 M X T 1,85 M L 0,3 M : 100 %, P:10 M X T 2,5 M L 0,3 M : 100 %, Drainase P 665 M X L 0,8 M X T 0,6 M :  100 %, Gorong gorong 4 Titik. P 6 M X 1,8 M X T 1,4 M : 100 %, Tentara Manunggal Air Bersih (TMAB) Metode Grafitasi 3 titik : 100 %, Ketahanan Pangan Luas 2 Ha: 100 %, Penanaman Pohon 300 Pohon : 100 %, Rehab RTLH 3 unit : 100 %, Pemberian Sembako dalam rangka pencegahan Stunting : 100%, Pembersihan Lingkungan : 100%.


Sedangakan sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan untuk pembangunan SDM khusunya bagi masyarakat desa setempat, dan wawasan kebangsaan untuk menjaga dan menumbuhkan rasa nasionalisme disetiap sanubari warga setempat, khususnya para generasi mudanya. 


Selain ditutupnya TMMD Reguler ke-121 di Desa Pacet Kec. Reban Kab. Batang dengan tema “Darma Bakti TMMD mewujudkan Percepatan Pembangunan di wilayah” juga dilaksanakan penutupan TMMD sengkuyung di wilayah Kodim-Kodim jajaran Makorem 071/Wijayakusuma, mengingat program TMMD adalah bagian dari upaya TNI untuk mendorong pembangunan di wilayah pedesaan, mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inisiatif pembangunan.


Usai upacara penutupan, dilanjutkan pemotongan pita di lokasi TMMD oleh Pangdam IV/Diponegoro didampingi Danrem 071/Wiajayakusuma dan Forkopimda Batang serta peninjauan hasil TMMD, UMKM, Pengobatan Gratis dan pendistribusian Bingkisan sembako untuk masyarakat sekitar lokasi TMMD.

(dl)


Previous Post Next Post