Danrem Wijayakusuma Dampingi Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Pompa Hidram Untuk Irigasi Lahan


Banyumas - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P, M.I.P, dampingi kunjungan kerja Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. meninjau pembangunan manunggal air sistem pompa Hidram irigasi lahan dan persawahan masyarakat di wilayah Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas, Selasa (3/9/2024).


Selain Danrem 071/Wijayakusuma Kolone Inf Jamaluddin, tampak hadir pula dalam pendampingan Pangdam IV/Diponegoro diatntaranya Aster Kasdam IV/ Diponegoro Kolonel Inf Lukman Hakim, S.Si, M.Tr.(Han), Kapolresta Banyumas Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K, M.H, Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro.,S.STP., M.Si, Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M. Han, Kasiter Korem 071/Wk Letkol Inf Darul Quthni, S.Ag., M.I.P., Kasiops Korem 071/Wk Mayor Inf Afdal., S.I.P, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Banyumas Ir. Jaka Budi Santoso, MM, Ketua DPRD Kab. Banyumas dr. Budi Setiawan, unsur Fokopomda lainnya dan unsur Fokopimcam Rawalo. 


Pangdam mengatakan, tinjauannya ke lokasi pompa Hidram tersebut untuk melihat sejauh mana proses pembangunannya dan meyakinkan proses kerja pompa Hidram tersebut bekerja dan berfungsi dengan baik sehingga dapat mendistribusikan air ke lahan persawahan masyarakat.





Dikatakan, TNI AD dengan manunggal airnya tidak hanya mencakup kebutuhan dasar masyarakat terkait air bersih namun juga terkait dengan membantu kesulitan masyarakat dengan ketahanan pangannya.


"Upaya mencipakan dan menjaga ketersediaan air yang dilakukan TNI AD ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk mendukung ketahanan pangan nasional", ungkap Pangdam.


Pangdam juga mengatakan kalau akhir-akhir ini, dibeberapa wilayah tanah air mengalami kekeringan dan kekurangan air khususnya untuk lahan persawahan masyarakat. Oleh karenanya TNI AD melalui jajarannya berupaya memberikan solusi terbaiknya untuk memberikan kontribusinya membantu kesulitan masyarakatnya terutama untuk mendukung ketahanan pangan.


"Kita bantu masyarakat dengan membuat pompa air Hidram, agar lahan yang ada dapat ditanami padi dan sebagainya. Hal ini, sesuai program pimpinan TNI AD, guna mendukung dan meningkatkan ketahanan pangan nasional", ujarnya.


"Kita selalu hadir ditengah masyarakat, apapun bentuknya TNI AD akan selalu memberikan solusi pemecahan masalah masyarakat dan memberikan kontribusi membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat", pungkasnya.


Pompa Hidram yang dibangun ini, merupakan pengajuan langsung dari masyarakat diwilayah tersebut, karena salama ini diwilayah tersebut susah mendapatkan air untuk lahan persawahan mereka, sementara diwilayah ini terdapat aliran sungai besar yakni sungai Serayu. Sehinga dengan dukungan masyarakat, TNI AD dengan program manunggal airnya membangunan pompa Hidram sebagai alternatif untuk menyalurkan air dari Bendung Gerak Serayu agar dapat mengalirkan air ke lahan sawah di Tiga Desa yang berada di Kecamatan Rawalo, masing-masing adalah Desa Tambaknegara, Desa Sanggreman dan Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.

(dl)


Previous Post Next Post